Jumat, 22 April 2016

DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE SECARA BERLEBIHAN

Dampak Penggunaan Smartphone dan Gadget Secara Berlebihan. Pada zaman serba modern dan serba instan ini penggunaan smartphone sudah tidak bisa di hindari dari kehidupan sehari-hari.
Ada yang sekedar untuk sms dan telepon, ada yang untuk chatting, ada yang untuk bermain game, ada pula yang menggunakannya untuk menunjang aktivitas pekerjaan mereka.

Namun di sisi lain ada juga orang-orang yang menggunakan smartphone secara terus-menerus hanya untuk bermain game atau chatting. Padahal tindakan ini bisa menimbulkan hal-hal berbahaya.

Kenapa bisa menimbulkan hal-hal berbahaya ? Contoh : pada saat anda mengemudikan kendaraan sambil menggunakan smartphone dan mendengarkan musik, kemudian anda tidak mendengar suara klakson dari belakang atau samping. Anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi.

Banyak orang yang terlena dan melupakan keselamatan dan kesehatan sendiri jika sudah menggunakan smartphone dan gadget mereka. Padahal kegiatan itu mempunyai dampak negatif seperti :

üMembuat lupa dengan dunia sekitar
Hal ini terjadi karena sering kali banyak orang yang sibuk memperhatikan smartphone dan gadget mereka saja di tempat umum.

Saat menunggu bus, menunggu angkot, dalam angkutan umum, orang hanya sibuk melihat layar gadget saja. Mereka sudah lupa akan kehidupan sosial seperti saling bertanya dan bercakap-cakap antar manusia. Jadi mulai sekarang hentikanlah kegiatan anda yang kurang penting dengan smartphone, seperti update status, membuat tweet. Biasakanlah untuk menggunakan smartphone dan gadget pada tempat dan waktu yang tepat. Bukan di sembarang tempat dan waktu.


üMembuat mata rusak
Saat menggunakan smartphone dan gadget mata anda akan fokus kepada satu titik yaitu layar gadget anda secara terus menerus, dan dengan jarak yang sangat dekat.

üTerlihat seperti tidak mempunyai teman
Ini sangat jelas, karena dari sisi orang yang melihat anda, yang hanya memperhatikan smartphone bahkan saat berkumpul dengan kawan anda. Orang dapat menyimpulkan bahwa anda orang yang kurang atau tidak mempunyai teman.

üMenjadi maniak gadget
Sepertinya untuk yang ini sudah tidak perlu di jelaskan lagi. Karena pasti anda sudah bisa membayangkan bagaimana tingkah laku seorang yang sudah kecanduan smartphone dan gadget berdasarkan poin-poin diatas.

üMenjadi faktor penyebab kecelakaan
Seperti yang sudah sering di beritakan di televisi, faktor penyebab kecelakaan salah satunya adalah penggunaan handphone, smartphone dan gadget. Saat mengemudi mendengarkan musik, menerima telepon, inilah yang membahayakan anda di jalan.
Jadi saat mengemudikan kendaraan janganlah menggunakan smartphone, mendengarkan musik untuk menghindari resiko kecelakaan. Jika anda masih sayang nyawa anda tentunya.

üMembuat anda lupa waktu
Ini terjadi jika anda sudah menjadi maniak gadget atau smartphone. Anda akan lupa waktu karena terlalu sering menggunakan smartphone anda.

üMembatasi kreatifitas
Ponsel pintar yang akan kamu bawa kemana saja kamu pergi. Ke kamar mandi, meja makan, kantor, dll. Karena hal itulah waktumu menjadi tersita untuk mengecek berbagai pesan dan update sosial media orang lain daripada mengembangkan kreativitas. Solusinya, cobalah untuk meng-create sesuatu dan tinggalkan segala update sosial media sejenak.

Sumber:


 

Pendapat saya:
Gunakanlah Smartphone pada tempat dan situasi yang tepat karena seperti yang dijelaskan pada poin diatas banyak kerugian yang akan kita dapatkan saat kita menggunakan Smartphone kita pada tempat dan situasi yang salah, tapi sebaliknya apabila kita bisa memanfaatkan Smartphone dengan benar maka lebih banyak keuntungan yang kita dapat dari penggunaan Smartphone itu sendiri. Pada akhirnya, kitalah yang harus bijak terhadap apapun yang kita miliki. Smartphone hanyalah alat untuk membantu pekerjaan dan komunikasi. Jangan sampai alat yang sebenarnya adalah penunjang kreativitas malah menjadi bumerang bagi diri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar